Darurat Sampah dan Bebas Sampah

IMG_20150422_101713

Tahun 2016 Indonesia dinyatakan Darurat Sampah, dan harapanya Indonesia Bebas Sampah 2020. Kira-kira tercapai tidak ya?

Mengapa kita harus bebas sampah? Kan selama ini sampah kita sudah diambil sama petugas? Cukup bayar tiap bulan rumah kita sudah bersih. Lha daruratnya dimana?

Dinyatakan bahwa jumlah sampah plastik semakin meningkat, berjuta ton tiap tahunnya, dan telah mengotori hingga lautan…..so semua teriak stop sampah plastik!! tutup pengusaha plastik!! kantong plastik berbayar!!

Kalau ga ada plastik, maka kita harus berpikir alternatif lainnya seperti bungkus makanan dari daun, peralatan rumah tangga dari kayu atau besi, Atau sebenarnya salah anda sendiri yang tidak dapat mendaur ulang plastik tersebut….masih pinter pemulung donk?

Tumpukan Sampah kita setiap harinya hampir setinggi borobudur, jika tidak segera ditanggulangi maka TPA akan penuh dan kita akan hidup diatas tumpukan sampah.

Bukankah itu sebuah hal yang patut dibanggakan?….hehehe

Sampai saat ini, cara pembuatan candi borobudur masih diperdebatkan. Candi borobudur termasuk salah satu keajaiban dunia. Lha sekarang, anda semua dengan mudahnya bisa membuat tumpukan sampah seperti candi borobudur, bukankah itu suatu kehebatan bagi anda semua?

Mengapa harus risau hidup diatas tumpukan sampah? saat ini banyak saudara kita yang kurang mampu  telah hidup diatas tumpukan sampah selama bertahun-tahun, entah karena kurang perhatian dari pemerintah atau faktor yang lainnya. Selain itu, hidup diatas tumpukan sampah mungkin akan memberikan sensasi dan tantangan yang berbeda. Namun, jika anda benar-benar risau atau risih dengan kondisi tersebut maka mulailah berhenti untuk menumpuk sampah, pilah dan olahlah sesuai kemampuan anda.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s